REFLEKSI 2013 DAN PROYEKSI 2014 KELAUTAN DAN PERIKANAN; MENCARI PEMIMPIN BERVISI KELAUTAN
REFLEKSI 2013 DAN PROYEKSI 2014
KELAUTAN DAN PERIKANAN
MENCARI PEMIMPIN BERVISI KELAUTAN
PENGANTAR Dinamika pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan sepanjang tahun 2013 tidak mengalami perubahan berarti. Pemerintah terus menggaungkan industrialisasi perikanan, namun berjarak kepada masyarakat nelayan dan pembudidaya. Padahal, secara esensial tidak ada ubahnya dengan konsep minapolitan ala Menteri Kelautan dan Perikanan sebelumnya. Tidak hanya itu, anggaran kelautan dan perikanan juga terus meningkat. Ironisnya justru kian memperlebar jurang kemiskinan: nelayan dan pembudidaya kecil diposisikan sebagai buruh, sementara pemilik kapal/lahan berkubang dana program pemerintah. KIARA (Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan) mencatat sejumlah fakta tidak terhubungnya program pemerintah dengan upaya penyejahteraan nelayan di desa pesisir/perkampungan nelayan, di antaranya nelayan masih dihadapkan pada perkara terputusnya tata kelola hulu ke hilir; tiadanya jaminan perlindungan jiwa dan sosial (termasuk pendidikan dan kesehatan) bagi nelayan dan keluarganya; semakin sulitnya akses melaut akibat praktek pembangunan yang tidak ramah nelayan; serta ancaman bencana yang terjadi di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil. Lebih parah lagi, akses BBM bersubsidi masih menjadi perkara laten bagi masyarakat nelayan. Tahun 2014 adalah tahun politik. Dalam pada itu, bakal berlangsung pergantian kepemimpinan nasional. Seperti apakah pemimpin nasional yang dibutuhkan Republik Bahari ini? Kekeliruan dalam memilih akan berimbas pada limbungnya raksasa perikanan dunia. Terlebih, di level regional, Indonesia akan dihadapkan pada pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) per tanggal 1 Januari 2014. Tanpa kesungguhan, Pemerintah Republik Indonesia hanya akan mengorbankan masyarakat nelayan sebagai obyek perdagangan bebas. Atas dasar itulah, KIARA menyampaikan Refleksi 2013 dan Proyeksi 2014 Kelautan dan Perikanan: MENCARI PEMIMPIN BERVISI KELAUTAN. ANGGARAN MENINGKAT, NELAYAN TERPURUK Sejak tahun 2008-2014, anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) cenderung mengalami peningkatan (lihat Tabel 1). Bahkan pada tahun 2011, terdapat tambahan sebesar Rp1.137.763.437.000 dari APBN Perubahan. Tabel 1. Anggaran KKP Tahun 2008-2013No | Tahun | Jumlah (Triliun) |
1 | 2008 | Rp3,20 Triliun |
2 | 2009 | Rp3,70 Triliun |
3 | 2010 | Rp3,19 Triliun |
4 | 2011 | Rp4,91 Triliun |
5 | 2012 | Rp5,99 Triliun |
6 | 2013 | Rp7,07 Triliun |
7 | 2014 | Rp5,60 Triliun |
No. |
Nama Bidang |
Jumlah (Miliar) |
1 | Sekretariat Jenderal | Rp. 360.231.141 |
2 | Inspektorat Jenderal | Rp. 50.532.572 |
3 | Ditjen Perikanan Tangkap | Rp. 1.404.452.019 |
4 | Ditjen Perikanan Budidaya | Rp. 917.706.222 |
5 | Ditjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil | Rp. 558.135.308 |
6 | Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan | Rp. 601.941.004 |
7 | Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan | Rp. 480.917.247 |
8 | Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan | Rp. 488.465.523 |
9 | Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan | Rp. 259.762.597 |
Total | Rp. 5.601.487.908 |
No | Tahun | Jumlah Nelayan |
1 | 2010 | 86 |
2 | 2011 | 149 |
3 | 2012 | 186 |
No |
Bulan |
Jumlah Kecelakaan |
Jumlah Nelayan Wafat |
1 | Januari | 8 kasus | 49 orang |
2 | Februari | 1 kasus | 1 orang |
3 | Maret | 1 kasus | 1 orang |
4 | April | 3 kasus | 60 orang |
5 | Mei | 2 kasus | 11 orang |
6 | Juni | 3 kasus | 14 orang |
7 | Juli | 5 kasus | 16 orang |
8 | Agustus | 9 kasus | 10 orang |
9 | September | 9 kasus | 18 orang |
10 | Oktober | 5 kasus | 6 orang |
11 | November | 5 kasus | 15 orang |
12 | Desember | 6 kasus | 24 orang |
Jumlah total | 57 Kasus | 225 orang |
No | Kebijakan | Keterangan |
1 | UU No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan menggantikan UU No. 7 Tahun 1996 tentang Pangan Disahkan DPR pada 16 November 2012 dan diundangkan di Jakarta pada tanggal 17 November 2012 | – Tidak memihak kepada nelayan tradisional – Diskriminasi persamaan perlakuan – Berpotensi menyebabkan dikriminalisasinya nelayan |
2 | Perubahan Atas Undang-Undang No. 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Disahkan DPR pada 18 Desember 2013 | – Tidak memihak kepada nelayan tradisional – Berpihak pada kepentingan asing – Diskriminasi persamaan perlakuan – Menimbulkan Ancaman Penggusuran terhadap Masyarakat Pesisir – Mengancam keberlanjutan sumber daya pesisir dan pulau-pulau kecil |
3 | Peraturan Presiden No. 122 Tahun 2012 tentang Reklamasi di Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 5 Desember 2012 | – Tidak memihak kepada nelayan tradisional – Menimbulkan Ancaman Penggusuran terhadap Masyarakat Pesisir – Mengancam keberlanjutan sumber daya pesisir dan pulau-pulau kecil |
4 | Permen Kelautan dan Perikanan No. PER.30/MEN/2012 tentang Usaha Perikanan Tangkap di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia direvisi dengan Permen Kelautan dan Perikanan No. 26/PERMEN-KP/2013 pada 20 September 2013 | – Berpihak pada kepentingan asing – Mengancam keberlanjutan sumber daya pesisir dan pulau-pulau kecil |
5 | Permen Kelautan dan Perikanan No. 18/PERMEN-KP/2013 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Menteri Kelautan Dan Perikanan Nomor Per.02/Men/2011 Tentang Jalur Penangkapan Ikan Dan Penempatan Alat Penangkapan Ikan Dan Alat Bantu Penangkapan Ikan Di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia | – Mengancam keberlanjutan sumber daya pesisir dan pulau-pulau kecil |
6 | Permen Kelautan dan Perikanan No. 17/PERMEN-KP/2013 tentang Perizinan Reklamasi di Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil | – Tidak memihak kepada nelayan tradisional – Menimbulkan Ancaman Penggusuran terhadap Masyarakat Pesisir – Mengancam keberlanjutan sumber daya pesisir dan pulau-pulau kecil |
7 | Permen Kelautan dan Perikanan No. 10/PERMEN-KP/2013 tentang Sistem Pemantauan Kapal Perikanan | – Berpihak pada kepentingan asing – Mengancam keberlanjutan sumber daya pesisir dan pulau-pulau kecil |
No | Kepala Daerah | Bentuk Kebijakan Tidak Ramah Nelayan |
Gubernur | ||
1 | Jawa Timur | Perizinan Tambang Pasir Laut |
2 | Sumatera Utara | Alih konversi mangrove |
3 | DKI Jakarta | Reklamasi Pantai |
4 | Bali | Reklamasi Pantai |
Bupati | ||
5 | Batang | Alih fungsi kawasan konservasi untuk PLTU |
6 | Serang | Perizinan Tambang Pasir Laut |
7 | Jepara | Perizinan Tambang Pasir Besi |
8 | Pandeglang | Perizinan Tambang Pasir |
9 | Bangka | Perizinan Tambang Timah |
10 | Belitung | Perizinan Tambang Timah |
11 | Langkat | Pembolehan/Pembiaran Pemakaian Trawl |
12 | Asahan | Pembolehan/Pembiaran Pemakaian Trawl |
13 | Tangerang | Reklamasi Pantai |
14 | Minahasa Utara | Reklamasi Pantai |
15 | Bolaang Mongondow Timur | Perizinan Tambang Pasir Besi |
16 | Bolaang Mongondow Utara | Perizinan Tambang Pasir Besi |
17 | Kepulauan Sangihe | Perizinan Tambang Pasir Besi |
18 | Gresik | Reklamasi Pantai |
19 | Mamuju | Reklamasi Pantai |
20 | Donggala | Reklamasi Pantai |
21 | Pangandaran | Perizinan Tambang Pasir Besi |
22 | Tasikmalaya | Perizinan Tambang Pasir Besi |
23 | Bandung Barat | Perizinan Tambang Pasir Besi |
24 | Minahasa Selatan | Perizinan Tambang Pasir Besi |
25 | Minahasa Tenggara | Perizinan Tambang Pasir Besi |
26 | Morowali | Reklamasi Pantai |
27 | Aceh Besar | Perizinan Tambang Pasir Laut |
28 | Seluma, Bengkulu | Perizinan Tambang Pasir Besi |
29 | Belitung | Perizinan Tambang Pasir Laut |
30 | Bangka | Perizinan Tambang Timah |
31 | Garut | Perizinan Tambang Pasir Besi |
32 | Kulon Progo | Perizinan Tambang Pasir Besi |
33 | Kebumen | Perizinan Tambang Pasir Besi |
34 | Cilacap | Perizinan Tambang Pasir Besi |
35 | Tulungagung | Perizinan Tambang Pasir Besi |
36 | Lumajang | Perizinan Tambang Pasir Besi |
37 | Jember | Perizinan Tambang Pasir Laut |
38 | Blitar | Perizinan Tambang Pasir Laut |
39 | Ende | Perizinan Tambang Pasir Besi |
40 | Konawe | Perizinan Tambang Pasir Besi |
Walikota | ||
41 | Balikpapan | Perizinan Tambang Pasir Laut dan Reklamasi Pantai |
42 | Manado | Reklamasi Pantai |
43 | Palu | Reklamasi Pantai |
44 | Makasar | Reklamasi Pantai |
45 | Lampung | Reklamasi Pantai |
46 | Padang | Reklamasi Pantai |
47 | Semarang | Reklamasi Pantai |
48 | Surabaya | Reklamasi Pantai |
49 | Kupang | Reklamasi Pantai |
50 | Bau-bau | Reklamasi Pantai |