Foto: Ingkar Janji, Petambak Dipasena Protes BRI

 

Ratusan petambak dari tambak eks Dipasena, Lampung, hari ini, Senin (16/6) mendatangi kantor pusat BRI di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Mereka melakukan aksi unjuk rasa memprotes BRI yang mereka nilai telah ingkar janji dalam membantu melakukan restrukturisasi utang para petambak eks Dipasena di bank pelat merah itu. Dalam orasinya, Thowilun, Ketua Perhimpunan Petambak mengatakan, para petambak telah beri’tikad baik untuk membayar dan menyelesaikan utang kepada bank-bank terkait dengan pola pembayaran yang jelas.

Pada mediasi penyelesaian di Komnas HAM pada 4 Mei 2014 lalu, pihak BRI telah berkomitmen melakukan restrukturisasi utang kredit petambak. “Namun hingga hari ini komitmen yang awalnya disambut positif oleh petambak kini seolah diabaikan,” kata Thowilun. Para petambak beranggapan bahwa BRI berperan penting menyelesaikan sengketa dan persoalan hukum yang dipaksakan oleh CPP grup ini.

BRI merupakan pemberi utang kepada petambak melalui perjanjian kredit yang menempatkan CPP grup sebagai avalis atau penjamin hutang. Sehingga jika BRI melakukan restrukturisasi maka dapat dipastikan bahwa sengketa di areal pertambakan yang kini berlarut-larut akan segera bisa diselesaikan. Sayangnya komitmen itu kini diragukan sehingga petambak kembali resah. Thowilun mengatakan, potensi besar pertambakan Dipasena akan memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia dalam bentuk sumbangan devisa negara, pembukaan lapangan kerja yang baik, dan peningkatan kesejahteraan rakyat. Persoalan ini merupakan langkah penting bagi petambak untuk bangkit dan siap membangun model ekonomi kerakyatan yang sesuai dengan amanat konstitusi. (Foto: Dok. KIARA/Gresnews.com)

Sumber: http://www.gresnews.com/berita/potret/1730166-foto-ingkar-janji-petambak-dipasena-protes-bri/

%d blogger menyukai ini: