Kiara Tolak Harga BBM Bersubsidi Naik untuk Nelayan

Laporan: Widya Victoria

RMOL. Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) menentang rencana pemerintah kembali menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada awal 2015.

Koordinator Pendidikan dan Penguatan Jaringan Kiara, Slamet Daryoni menekankan, kebijakan menaikkan BBM bersubsidi hanya akan menambah angka kemiskinan masyarakat pesisir karena biaya melaut semakin tinggi. Sedangkan,  harga ikan di pasaran sulit mengalami kenaikan akibat mekanisme pasar.

“Kami berharap presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) memikirkan pengelolaan dan pendistribusian BBM bersubsidi yang tepat sasaran kepada nelayan tradisional.” katanya di Jakarta, Jumat (26/9).

Ia menjelaskan, semenjak diberlakukannya kebijakan pembatasan pendistribusian BBM bersubsidi, nelayan semakin sulit mendapatkan bahan bakar kapal, bahkan sebagian besar tidak melaut karena tidak mendapatkan BBM untuk melaut. Sementara untuk turun ke laut, nelayan harus menyiapkan sedikitnya 60 hingga 70 persen dari total ongkos produksinya.

“Seharusnya pemerintah mengkaji dan mencari solusi, bagaimana mengatasi penyelewengan penyaluran BBM bersubsidi, karena selama ini, sebagian besar BBM bersubsidi hanya dinikmati pengusaha, industri perikanan,” ujarnya.[wid]

 

Sumber: http://ekbis.rmol.co/read/2014/09/26/173612/Kiara-Tolak-Harga-BBM-Bersubsidi-Naik-untuk-Nelayan-

%d blogger menyukai ini: